Cerita Rakyat : Legenda Pantai Karang Nini Dan Bale Kembang

Advertisement
Advertisement
Haiii Sobbb?? Bagaimana nih kabar kalian hari ini ?? Semoga baik-baik saja yaaa.. Cerita dan dongeng merupakan karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang serta kejadian baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya rekaan belaka. Contohnya cerita rakyat, cerita lucu, cerita motivasi, cerita islami, dongeng/cerita fabel dan lain sebagainya.

Kali ini saya akan memberikan sedikit Cerita Rakyat. cerita rakyat merupakan cerita yang terjadi pada suatu daerah atau tempat tertentu dan suatu cerita yang di sampaikan dari mulut ke mulut. Contohnya cerita rakyat malin kundang, cerita rakyat situ bagendit, cerita rakyat timun mas dan masih banyak cerita rakyat yang lainnya.

Pada postingan ini saya akan membahas Cerita Rakyat Legenda Pantai Karang Nini Terbaru Berikut Gambarnya yang dapat kalian lihat. Siapa sih yang gak kenal dengan Pantai Karang Nini ?? Semua mungkin sudah tahu dengan Pantai ini apalagi dengan Legenda Pantai Karang Nini, semua mungkin sudah tahu. 

Karang nini dan bale kembang adalah sebuah cerita rakyat yang telah melegenda di kalangan masyarakat Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Keberadaan sepasang batu karang yang biasa disebut Karang Nini dan Bale Kambang di sekitar Pantai Karang Nini itu merupakan bukti dari cerita legenda ini. Mari kita ikuti Cerita Rakyat Pantai Karang Nini Selengkapnya...

PANTAI KARANG NINI DAN BALE KEMBANG

DONGENGCERITALUCU.BLOGSPOT.COM

Aki Ambu dan Nini Arga Piara adalah sepasang suami istri yang sudah tua renta. Sudah puluhan tahun mereka menikah, namun belum juga dikaruniai momongan. Meskipun demikian, pasangan suami istri tersebut senantiasa hidup rukun dan damai.

Mereka saling menyayangi satu sama lain. Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, Aki Ambu Kolot setiap hari menjelang malam pergi ke laut memancing ikan dan baru pulang pada esok harinya. Hasil tangkapannya dijual ke pasar atau ditukar dengan kebutuhan hidup lainnya. Jika memperoleh hasil tangkapannya melimpah, sebagian dibuat ikan asin oleh Nini Arga Piara. 

Suatu ketika, Aki Ambu terlihat kurang sehat, sehingga Nini Arga Piara melarang Aki Ambu untuk melaut.
"Aki tidak apa-apa, Nini. Biarkan Aki pergi mencari ikan. Persediaan makan kita sudah mau habis. Kalau Aki tidak melaut, kita tidak punya makanan besok " ujar Aki Ambu.
Meskipun telah dilarang oleh istrinya, Aki Ambu tetap ingin pergi. Akhirnya, Nini Arga Piara melepaskan Aki pergi.
“Hati-hati ya Ki, kalau rasanya tidak kuat lebih baik pulang saja." pesannya kepada Aki Ambu.
Aki Ambu pun berangkat ke laut dan mulai memancing ikan. Namun, sampai tengah malam tak satu pun ikan ia dapat.
Sementara itu, Nini Arga gelisah menunggu suaminya di rumah. Sampai pagi ketika ayam berkokok, Aki Ambu belum juga pulang. Akhirnya, Nini pergi ke pantai mencoba mencari suaminya. Usahanya sia-sia. la tak menemukan Aki Ambu. Hari berikutnya, Nini Arga dibantu warga mencari Aki Ambu. Namun, tetap saja Aki Ambu tidak ditemukan.
Lalu, Nini Arga duduk di pantai sambil menangis.
“Ya Tuhan, hamba mohon pertemukanlah hamba dengan suami hamba," tangisnya. Tuhan mengabulkan permintaannya.
Tiba-tiba, di hadapannya dari dalam laut muncullah sebentuk batu karang mengambang di hadapannya. Bersamaan dengan itu terdengarlah suara gaib.
"Nini Arga, batu yang mengambang itu adalah penjelmaan suamimu. Jadi, jangan mencari suamimu lagi."
Nini Arga menangis sejadi-jadinya. la tidak menyangka akan berpisah dengan suaminya seperti ini. Sambil terus menangis, ia berdoa kepada Tuhan.
"Ya Tuhan, hamba sangat mencintai suami hamba. Biarkanlah kami bersama selamanya. Ubahlah hamba menjadi seperti suami hamba."
Tiba-tiba langit mendung dan petir menyambar. Tubuh Nini Arga pun berubah menjadi batu karang yang berhadapan dengan batu terapung perwujudan Aki Ambu.
Oleh masyarakat sekitar batu karang tersebut dinamakan Karang Nini dan batu yang letaknya terapung perwujudan Aki Ambu dinamakan Bale Kambang, karena letaknya di atas perairan.

Nah Sobb, Bagaimana Cerita Rakyat di atas ini?? Menarik?? Ya Sudah pastinya dong... Masih banyak loh sobb cerita-cerita menarik lainnya yang dapat kalian kunjungi di blog ini seperti cerita kabayan, cerita lucu, cerita rakyat, cerita islami, cerita anak sekolah bahkan naskah drama di sediakan.

Jangan lewatkan kunjungi dan baca artikel dongeng maupun cerita menarik lainnya yaa sobb. Jangan sampai ketinggalan hanya di dongengceritalucu.blogspot.com
Terima Kasih Telah Berkunjung Dan Sampai Jumpa....

Advertisement